Like Us On Facebook

About Me
Munere veritus fierent cu sed, congue altera mea te, ex clita eripuit evertitur duo. Legendos tractatos honestatis ad mel. Legendos tractatos honestatis ad mel. , click here →

Rabu, 01 November 2017

Pengertian Ruang Lingkup Bisnis


Di mata kuliah Pengantar Bisnis kita akan memahami pengertian bisnis , ruang lingkup dan peranan bisnis, pengertian bisnis menurut Griffin dan Ebert, menurut mereka, “business is an organization that provides goods or services in order to earn profit”. Sejalan dengan definisi tersebut , aktivitas bisnis melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). 

Fungsi bisnis menurut Steinhoff, fungsi yang dilakukan oleh aktifitas bisnis dapat dikelompokan kedalam 3 fungsi dasar, yaitu memperoleh bahan baku (acquiring raw materials), mengolah bahan baku (manufacturing raw materials) dan mendistribusikan produk kepada konsumen (distributing products to consumers).

Tujuan bisnis adalah pembisnis melakukan bisnis bertujuan untuk mencapai tujuan bersama, dengan demikian tujuan yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis akan sangat bervariasi antara kegiatan bisnis yang satu dengan kegiatan bisnis lainnya. 
Ruang Lingkup Bisnis
·         Barang: Berwujud fisik. Makanan, mobil, lemari es, televisi mesin dll.
  • Jasa: intangible, tidak dapat dirasakan tetapi dapat dirasakan manfaatnya, meliputi pekerjaan perusahaan penerbangan, hotel, perusahaan penyewaan mobil, konsultan manajemen, dan sebagainya
  • Event: Menjual acara. Acara bisa berupa pameran dagang, ulang tahun perusahaan, acara penghargaan, festival lokal, dan sebagainya.
  • Pengalaman: Pemasar menciptakan pengalaman dengan menawarkan perpaduan antara barang dan jasa. Sebuah produk dipromosikan tidak hanya dengan mengkomunikasikan fitur tetapi juga dengan memberikan pengalaman unik dan menarik kepada konsumen. Misalnya tempat hiburan, perumahan yang menawarkan taman dan zona game.
  • Orang (people): Pemasaran selebriti. Semua tokoh populer seperti bintang film, artis TV, dan olahragawan.
  • Tempat: Menjual tempat wisata kepada wisatawan.
  • Properti: Properti dapat dikategorikan sebagai properti nyata (riil) dan properti keuangan. Properti riil adalah kepemilikan tanah, sedangkan properti keuangan berhubungan dengan surat berharga.
  • Organisasi : Berhubungan dengan citra perusahaan.
  • Informasi : Informasi bisa diproduksi dan dipasarkan melalui mass media
  • Ide : Sebelum produk dipasarkan pada awalnya produk berbentuk ide produk atau inovasi atas sebuah produk.
Ruang Lingkup Bisnis Menurut Klasifikasi Baku Lapangan Usaha di Indonesia (KLBI)
·         Klasifikasi merupakan suatu sistem pengelompokan yang digunakan dalam komunikasi ekonomi dan proses statistik yang terdapat di dalamnya. Dalam klasifikasi, seluruh data dikelompokkan ke dalam kelas-kelas yang sehomogen mungkin sesuai kaidah atau standar tertentu yang ditetapkan. KBLI menyediakan satu set kerangka klasifikasi aktivitas ekonomi yang komprehensif di Indonesia agar dapat digunakan untuk penyeragaman pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data statistik menurut aktivitas ekonomi.
Struktur dan Pemberian Kode KBLI 2015
-          Kategori Alfabet 21
-          Golongan Pokok 2 digit 88
-          Golongan 3 digit 240
-          Sub golongan 4 digit 520
-          Kelompok 5 digit 1573
BISNIS INTERNASIONAL
·         Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan antara Negara yang satu dengan Negara yang lain.
·         Merupakan keadaan di mana suatu perusahaan dapat terlibat dalam suatu transaksi bisnis dengan Negara lain, perusahaan lain ataupun masyarakat umum di luar negeri. Contoh :
-          FDI (Foreign Direct Investment)
-          Ekspor
-          Lisensi
-          Waralaba
-          Joint Venture
Evolusi Pemasaran Perusahaan  dalam Memasuki Bisnis Internasional
·         Pemasaran Domestik : Pemasaran yang fokus untuk pemasaran dalam negeri
·         Pemasaran Ekspor : Mendapatkan permintaan dari luar negeri atau sengaja menawarkan produknya ke luar negeri
·         Pemasaran Internasional : Bertindak lebih jauh lagi dari sekedar ekspor, terlibat dalam lingkungan negara tempat melakukan bisnis.
·         Pemasaran Multi Internasional : Mengandalkan pengalaman dari beberapa negara mereka melakukan bisnis dan mengelompokkan dalam suatu daerah operasi.
·         Pemasaran Global : Memfokuskan pada pemanfaatan aset, pengalaman, dan produk perusahaan secara global dan melakukan penyesuaian yang unik yang berbeda dalam setiap negara.
Evolusi Organisasi Perusahaan dalam  Memasuki Bisnis Internasional
·         Foreign Inquiry (Permintaan Luar Negeri) :mendapatkan pesanan dari luar negeri
·         Export Manager : Bertambahnya permintaan dari luar negeri memaksa sebuah perusahaan untuk membuat divisi kecil yang menangani ekspor melalui jasa exporter domestik
·         Departemen Ekspor dan Penjualan Langsung : Semua kegiatan ekspor dilakukan oleh perusahaan itu sendiri dengan mendirikan divisi ekspor yang lebih besar.
Bentuk Aktivitas Bisnis
·         FDI (Foreign Direct Investment) :  adalah investasi secara langsung yang dilakukan oleh perusahaan atau individu di satu negara dalam kepentingan bisnis di negara lain, baik berupa fasilitas operasi bisnis (greenfield investment) atau akuisisi aset perusahaan di negara lain.
·         Export (ekspor) : Penjualan produk dari pasar domestik ke pasar asing
·         Lisensi (Licensing) : Perjanjian antara pemberi lisensi (licensor) kepada pengguna lisensi (licensee) untuk menggunakan paten, formula, desain dll.
·         Waralaba (Franchising) : Perjanjian dengan kontrak antara pemilik franchise / pewaralaba (franchisor) dengan pengguna waralaba (franchisee).
·         Usaha Patungan (Joint Venture) : merupakan kerja sama antara dua perusahaan independen atau lebih.

Faktor yang Mendorong Perkembangan Bisnis Internasional
·         Market Seeking Motives
·         Cost-Reduction Motives
·         Strategic Motives




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar