Di mata
kuliah Pengantar Bisnis kita akan memahami pengertian bisnis , ruang lingkup dan peranan
bisnis, pengertian bisnis menurut Griffin dan Ebert, menurut mereka, “business
is an organization that provides goods or services in order to earn profit”.
Sejalan dengan definisi tersebut , aktivitas bisnis melalui penyediaan barang
dan jasa bertujuan untuk menghasilkan profit (laba).
Fungsi bisnis menurut Steinhoff, fungsi yang
dilakukan oleh aktifitas bisnis dapat dikelompokan kedalam 3 fungsi dasar,
yaitu memperoleh bahan baku (acquiring raw materials), mengolah bahan baku
(manufacturing raw materials) dan mendistribusikan produk kepada konsumen
(distributing products to consumers).
Tujuan bisnis adalah pembisnis melakukan
bisnis bertujuan untuk mencapai tujuan bersama, dengan demikian tujuan yang
ingin dicapai oleh para pelaku bisnis akan sangat bervariasi antara kegiatan
bisnis yang satu dengan kegiatan bisnis lainnya.
Ruang Lingkup
Bisnis
·
Barang: Berwujud fisik. Makanan,
mobil, lemari es, televisi mesin dll.
- Jasa: intangible, tidak dapat dirasakan tetapi dapat dirasakan manfaatnya, meliputi pekerjaan perusahaan penerbangan, hotel, perusahaan penyewaan mobil, konsultan manajemen, dan sebagainya
- Event: Menjual acara. Acara bisa berupa pameran dagang, ulang tahun perusahaan, acara penghargaan, festival lokal, dan sebagainya.
- Pengalaman: Pemasar menciptakan pengalaman dengan menawarkan perpaduan antara barang dan jasa. Sebuah produk dipromosikan tidak hanya dengan mengkomunikasikan fitur tetapi juga dengan memberikan pengalaman unik dan menarik kepada konsumen. Misalnya tempat hiburan, perumahan yang menawarkan taman dan zona game.
- Orang (people): Pemasaran selebriti. Semua tokoh populer seperti bintang film, artis TV, dan olahragawan.
- Tempat: Menjual tempat wisata kepada wisatawan.
- Properti: Properti dapat dikategorikan sebagai properti nyata (riil) dan properti keuangan. Properti riil adalah kepemilikan tanah, sedangkan properti keuangan berhubungan dengan surat berharga.
- Organisasi : Berhubungan dengan citra perusahaan.
- Informasi : Informasi bisa diproduksi dan dipasarkan melalui mass media
- Ide : Sebelum produk dipasarkan pada awalnya produk berbentuk ide produk atau inovasi atas sebuah produk.
Ruang Lingkup
Bisnis Menurut Klasifikasi Baku Lapangan Usaha di Indonesia (KLBI)
·
Klasifikasi merupakan suatu sistem
pengelompokan yang digunakan dalam komunikasi ekonomi dan proses statistik yang
terdapat di dalamnya. Dalam klasifikasi, seluruh data dikelompokkan ke dalam
kelas-kelas yang sehomogen mungkin sesuai kaidah atau standar tertentu yang
ditetapkan. KBLI menyediakan satu set kerangka klasifikasi aktivitas ekonomi
yang komprehensif di Indonesia agar dapat digunakan untuk penyeragaman
pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data statistik menurut
aktivitas ekonomi.
Struktur dan
Pemberian Kode KBLI 2015
-
Kategori Alfabet 21
-
Golongan Pokok 2 digit 88
-
Golongan 3 digit 240
-
Sub golongan 4 digit 520
-
Kelompok 5 digit 1573
BISNIS
INTERNASIONAL
·
Bisnis internasional merupakan
kegiatan bisnis yang dilakukan antara Negara yang satu dengan Negara yang lain.
·
Merupakan keadaan di mana suatu
perusahaan dapat terlibat dalam suatu transaksi bisnis dengan Negara lain, perusahaan
lain ataupun masyarakat umum di luar negeri. Contoh :
-
FDI
(Foreign Direct Investment)
-
Ekspor
-
Lisensi
-
Waralaba
-
Joint
Venture
Evolusi Pemasaran
Perusahaan dalam Memasuki Bisnis
Internasional
·
Pemasaran Domestik : Pemasaran
yang fokus untuk pemasaran dalam negeri
·
Pemasaran Ekspor : Mendapatkan
permintaan dari luar negeri atau sengaja menawarkan produknya ke luar negeri
·
Pemasaran Internasional :
Bertindak lebih jauh lagi dari sekedar ekspor, terlibat dalam lingkungan negara
tempat melakukan bisnis.
·
Pemasaran Multi Internasional :
Mengandalkan pengalaman dari beberapa negara mereka melakukan bisnis dan
mengelompokkan dalam suatu daerah operasi.
·
Pemasaran Global : Memfokuskan
pada pemanfaatan aset, pengalaman, dan produk perusahaan secara global dan melakukan
penyesuaian yang unik yang berbeda dalam setiap negara.
Evolusi Organisasi
Perusahaan dalam Memasuki Bisnis
Internasional
·
Foreign
Inquiry (Permintaan
Luar Negeri) :mendapatkan pesanan dari luar negeri
·
Export
Manager : Bertambahnya permintaan dari luar negeri memaksa
sebuah perusahaan untuk membuat divisi kecil yang menangani ekspor melalui jasa
exporter
domestik
·
Departemen Ekspor dan Penjualan
Langsung : Semua kegiatan ekspor dilakukan oleh perusahaan itu sendiri dengan
mendirikan divisi ekspor yang lebih besar.
Bentuk Aktivitas
Bisnis
·
FDI
(Foreign Direct Investment) : adalah investasi secara langsung yang dilakukan oleh perusahaan atau
individu di satu negara dalam kepentingan bisnis di negara lain, baik berupa
fasilitas operasi bisnis (greenfield
investment) atau akuisisi aset perusahaan di negara lain.
·
Export (ekspor) : Penjualan produk dari pasar domestik ke pasar asing
·
Lisensi (Licensing) : Perjanjian
antara pemberi lisensi (licensor) kepada pengguna lisensi (licensee) untuk
menggunakan paten, formula, desain dll.
·
Waralaba (Franchising) : Perjanjian
dengan kontrak antara pemilik franchise / pewaralaba (franchisor) dengan pengguna waralaba (franchisee).
·
Usaha Patungan (Joint Venture) : merupakan
kerja sama antara dua perusahaan independen atau lebih.
Faktor yang
Mendorong Perkembangan Bisnis Internasional
·
Market
Seeking Motives
·
Cost-Reduction
Motives
·
Strategic
Motives




Tidak ada komentar:
Posting Komentar